it’s all about breastfeeding

Tulisan ini dibuat beberapa hari sesudah ulang tahun Bee yang pertama.

16 April 2010, Bee genap setahun… Puji Tuhan, aku masih diberi kesempatan untuk menyusui Bee…moga-moga bisa terus sampai Bee 2 tahun. Meski setelah itu pasti sedih dan merasa kehilangan sesuatu lantaran masa-masa breastfeeding alias menyusui benar-benar masa yang paling indah, paling membuat nyaman dan banyak banget deh yang benar-benar tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Niat menyusui eksklusif sudah ada dari dulu, sejak melahirkan Cc. Sayang, meski asiku berlimpah, saat Cc, tapi aku tidak mendapat dan diberi kesempatan…ah sudahlah, mungkin Tuhan punya rencana lain. Berbeda dengan Bee, beruntung disini aku diberi kesempatan (makasih banyak mbaTitin) sehingga tak terasa sudah lulus S2 dalam menyusui (S1 waktu 6 bulan), moga-moga bisa lulus S3…amin.

Bagiku, pengalaman menyusui ini benar-benar luar biasa… Beberapa saat setelah Bee lahir, langsung dapat asiku. Nah, Bee ini kalau kata orang, menyusunya kuat, kayak anak cowok…dan hmmm…benar saja… awal-awal bulan saja sudah membuat lecet bahkan berdarah… Duh rasanya perih dan sakit sekali, tapi niatan memberi yang terbaik untuk Bee mengalahkan segalanya, termasuk rasa sakit. Akhirnya sembuh secara alami juga kok..meski meringis-ringis saat menyusui Bee hahaha.

Makin besar, Bee pun tumbuh gigi…halaaah itu dia masalah baru, bahkan sampai bengkak..duh..sakitnya? Jangan tanya deh! Tapi lagi-lagi pengorbanan tetap harus dilakukan demi pertumbuhan Bee..thanks God, akhirnya sembuh lagi 🙂

Saking niatnya, bahkan untuk memeras pun rela dilakukan dimana-mana, yang penting tertutup dan bersih 🙂 di tempat shower kamar mandi lantai 5 di kantor, tempat-tempat khusus menyusui di mal atau bahkan di mobil… Nah, di mobil ini ada cerita tersendiri. Sepulang reunian bersama teman-teman SD, aku diantar Sari pulang dengan mobilnya, disitulah aku memerah dengan ditutup jaket, nekat memang, apalagi kaca mobilnya gak gelap-gelap amat..tapi…lagi-lagi demi anak, apapun pasti kulakukan, sampe-sampe diketawain Sari hehehe..

Paling sedih kalau asip nya berkurang…ternyata itu karena pikiran..thanks to Milis Sehat, banyak masukan disana, jadi terus berpikir postif dan hasilnya tak mengecewakan. Dulu, aku takut sekali memerah asi, soalnya pernah dapet hadiah alat perah, eh sakit banget, sampe nangis-nangis deh :(. Tanya-tanya, termasuk ke Tita, akhirnya beli merek M*d*la…hehehe ternyata nyaman sekali dan hasilnya banyak.

Soal memerah ini, aku bener-bener berterima kasih juga nih buat Ella. Awalnya aku beli botol kaca di Ella, eh jadinya ym an deh…singkat cerita, Ella lah yang mengajarkan cara memerah, nunggu agar ada LDR nya hehehe..bener banget La, tengkyu banget. Ada lagi nih yang bantu aku lhoo…dengan sukarela member botol kacanya, makasih ya Ayudya :).

Meski gak ada suamiku di sisiku saat aku melahirkan, menyusui Bee (tiga bulan sekali boo pulangnya, kayak bang thoyib) tapi berkat dukungan orang-orang di sekitar dan hawa positif yang ada, tekadku untuk menyusui Bee bisa berhasil hingga Bee satu tahun…masih ada target lagi nih, menyusui Bee sampai dua tahun… doain yaa… 🙂

Terima kasih buat semuanya, Tuhan memberkati

Advertisements

2 thoughts on “it’s all about breastfeeding

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s