WANITA PERKASA

KASIH SAYANG SEPANJANG MASA

Melihat judulnya, jangan langsung kebayang wanita-wanita yang kekar seperti para atlet angkat besi yaa. Untuk menjadi wanita perkasa tak perlu tubuh yang besar, kekar atau apapun itu. Yang dibutuhkan adalah hati seluas samudera dan keikhlasan yang sungguh.

Apa sih yang kamu omongin Din? Hehehe, saya hanya mengagumi dan salut terhadap wanita-wanita ini yang sungguh menginspirasi saya. Siapakah mereka? Banyak yang tidak saya kenal malah, tapi saya mengagumi mereka.

Tadi pagi saat saya dalam perjalanan ke kantor, saya melihat seorang wanita atau seorang ibu tepatnya yang membawa dus aqua gelas, tertatih-tatih berjalan menuju rumahnya (mungkin) atau warungnya atau entah kemana. Pikiran saya sekilas berkelebatan. Hebat dia, meski berat tapi dia tetap berusaha membawanya.

Jadi teringat tatkala saya melintas saat subuh melewati pasar tradisional, dimana saat itu kegiatan perdagangan lagi penuh-penuhnya. Dan (lagi-lagi) saya memperhatikan seorang ibu penjual sayur yang berdagang dengan mata lelahnya sambil ‘momong’ atau mengasuh 2 anakmya yang masih kecil. Bagi saya dia hebat, dia terpaksa membawa anak-anaknya karena tidak ada yang menjaga mereka di rumah. Di satu sisi, dia perlu uang untuk hidup dan membiayai anak-anaknya. Tak ayal, kedua buah hati terpaksa dibawa.

Perkasa, hebat dan multitasking! Melayani pembeli dan sekaligus menjaga, menyuapi dan bahkan menina bobokan anak-anaknya hingga mereka terlelap. Gurat lelah terpancar jelas di raut wajah sang ibu, namun mata penuh kasih memandangi kedua anaknya yang terlelap menyita perhatian saya. Mungkin di benak ibu itu adalah bahwa apapun akan dilakukan untuk masa depan kedua buah hati tercintanya.

PERJUANGAN TAK KENAL LELAH

Tak hanya ibu pedagang sayur saja yang perkasa. Ibu-ibu lain, wanita yang bekerja di kantor pun sama. Sepulang kerja, secapek apapun pasti tetap akan meluangkan waktu dan mengurus anak-anaknya meski waktu istirahat akan banyak berkurang. Ini pun saya alami.

Hati seluas samudera untuk mengatasi segala demi buah hati memang perlu dimiliki. Meski banyak masalah yang tengah dihadapi, namun wanita-wanita perkasa ini tetap tersenyum dan seolah tidak terjadi apa-apa di depan anak-anaknya. Hebat, saya musti belajar banyak dari wanita-wanita perkasa ini.

Tetap tersenyum meski hati menangis, luar biasa!!

Tanpa kita sadari sebenarnya wanita adalah makhluk yang kuat. Di satu sisi dia harus menghidupi keluarga, multitasking, mengasuh anak dan di sisi lain (mungkin) ada banyak masalah, tapi tetap tegar berdiri seperti batu karang. Hal ini menginspirasi saya, saya juga harus kuat seperti ibu pedagang sayur tadi. Apalagi demi anak-anak saya.
Wanita kuat bukan berarti dia harus tegar terus, tapi bagaimana dia bisa menjadikan kelemahannya atau kesedihannya menjadi kekuatannya, juga untuk keluarganya atau siapapun yang dia cintai.

THE HAPPIEST MOMENT

THE HAPPIEST MOMENT

Wanita perkasa lain yang saya tau adalah Liza Marielly Djaprie, istri sahabat saya Wahyu Hidayat. Liza ditinggal Wdt ke peristirahatannya yang terakhir saat tengah mengandung putri tercinta. Saya tidak tau perasaan Liza saat itu, yang saya kira-kira pasti ‘hancur’. Tapi wanita perkasa satu ini tetap tenang meski mungkin di hati nya bergejolak. Dan saya tau pasti dia akan bertahan karena demi cinta. Cinta pada Wdt dan anak-anaknya yang membuatnya bertahan. Liza, terimalah hormat saya, dan kamu menjadi inspirasi saya juga. Apapun yang terjadi, Wdt akan bangga punya istri seperti dirimu. Always be strong ya.

Cinta! Ya cintalah yang bisa membuat wanita kuat. Cinta pada anak-anak atau keluarga atau siapapun membuat kita tetap bertahan dalam kondisi apapun dan selalu akan kuat demi orang-orang yang kita cintai. Yang penting keinginan kuat kita untuk menjadikan segalanya lebih baik. Yakinlah bahwa kita semua adalah wanita-wanita perkasa yang walau diterjang badai dan ombak sedahsyat apapun kita akan bertahan.

 

 

Tulisan ini saya persembahkan untuk wanita-wanita perkasa yang menginspirasi saya. You are all my inspiration!

 
Keterangan :
1. Foto-foto indah hitam putih karya fotografer handal Ahmad Zamroni yang juga teman saya. Bisa tengok blognya http://blog.ahmadzamroni.com
2. Foto Liza dan keluarganya ini dok Liza pribadi

Advertisements

3 thoughts on “WANITA PERKASA

  1. Lo juga salah satu contoh wanita perkasa yg gw kenal din,,”tpaksa” jauh dr suami krn tanggung jawab. Membesarkan putri2 dgn karakter yg berbeda,,supeerr deh..luv yu mama :😘l

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s