CLICK! JEPRET!

Sekarang ini banyak sekali media sosial yang bisa menjembatani atau menjadi fasilitator bagi kita untuk ‘memamerkan’ karya-karya bidikan atau jepretan kita. Bisa itu, Facebook, Twitter, Instagram, EyeEm, Path, dan lain-lain. Meski beberapa di antaranya hanya bisa memajang foto. Mulai dari hasil yang standar, sampai yang luar biasa dan bikin kita berdecak kagum.

Saya sendiri sebenarnya tertarik dengan dunia fotografi itu sejak kecil. Bagaimana tidak? Terlahir dari seorang Ayah yang merintis karir sebagai Jurnalis Foto, paling tidak saya sudah mengenal dunia itu sejak lama. Kerap kali saya diajak Ayah liputan, dan hasil karyanya bisa saya lihat usai Ayah melakukan pekerjaannya. Hasilnya dicetak di kamar gelap, betul, dulu masih mencetak sendiri lho hasil foto. Saya melihat langsung bagaimana proses mencetak foto di kamar gelap. Mulai dari mengeluarkan rol film, memasukkan kertas foto ke dalam larutan yang akhirnya gambar muncul dari kertas yang dimasukkan larutan itu. Bagi saya saat itu sangat ajaib. Hahaha, trus foto yang masih basah, digantung seperti jemuran hingga kering. Kebetulan Ayah saya salah satu pelopor pendiri kamar gelap pertama di Koran nomor 1 se Indonesia itu.

Foto Alicia sedang belajar

Foto Alicia sedang belajar

Kalau bercerita soal Ayah saya, mungkin bisa jadi cerita bersambung. Mendapat penghargaan di bidang fotografi kerap beliau dapatkan, bahkan dipercaya sebagai salah satu juri ratu kecantikan di masanya. Hebat deh! Sayangnya, saya orangnya angot-angot an. Kadang mau belajar fotografi, tapi di sisi lain kalau kemalasan mulai melanda, yah gak diteruskan. Hahaha, makanya Ayah sering bilang kalau dua anaknya ini kok gak nurun sama sekali ya.

Foto narsis ini saya ambil dengan timer di iphone

Foto narsis ini saya ambil dengan timer di iphone

Ah, beliau salah… Meski saya cuek dan malas kalau Ayah mulai mengajari soal teknik memotret, tapi itu nempel di kepala saya. Faktor keturunan bisa jadi, mendarah daging istilahnya. Ini terbukti, saat saya menjadi video journalist (VJ) di tempat saya bekerja, bagaimana mengambil gambar tak hanya benar namun juga indah, seolah feeling saya jalan begitu saja, apalagi tiap hari kerjaan saya begitu. Nah, berbekal pernah menjadi VJ ini saya jadi makin paham angle-angle atau sudut-sudut pengambilan gambar yang indah, dengan berbagai komposisinya. Itu yang saya terapkan dalam memotret. Meski hasilnya tidak sehebat para fotografer-fotografer handal, paling tidak saya belajar, belajar, dan terus belajar. Apalagi kalau hasil jepretan saya diapresiasi para fotografer handal itu, rasanya tak terkatakan deh. Bangga lah. Makasih lho hihihi.

Eits, jangan salah, saya belum menggunakan kamera lho untuk memotret, hanya dengan iphone saya semata. Soalnya kalau musti bawa kamera DSLR rasanya kok ribet ya. Memang, hasilnya pasti luar biasa, tapi yaaa untuk saat ini yang masih taraf belajar mending pake kamera iphone aja, paling gak terus memperbaiki komposisi, angle dan lain-lain, setelah terbiasa, rasanya tak akan sulit bila nantinya memakai kamera profesional.

Foto narsis (lagi) ini juga saya ambil menggunakan timer dengan iphone

Foto narsis (lagi) ini juga saya ambil menggunakan timer dengan iphone

Memotret dan dipotret, keduanya saya suka. Siapa sih yang tidak suka difoto, atau memotret diri sendiri alias narsis? Ah tapi kalau narsis hasilnya bagus, kenapa gak sih? 😀 Saya beruntung dikelilingi orang-orang yang handal dalam hal ini, baik kameramen maupun fotografer. Dari mereka lah saya belajar banyak, dan mereka tidak segan-segan membagi ilmunya buat amatiran seperti saya.

Tapi jujur, sampai saat ini saya belum pernah menunjukkan hasil jepretan saya ke Ayah hahaha, minder booo. Kalau saja Ayah saya gemar membuka media sosial pasti beliau bisa melihat dengan sendirinya. Sayangnya untuk hal lain selain fotografi, Ayah saya gaptek hahahaaa.

Ps : berhubung gak ada model, jadi diri sendiri dulu lah. Siapa yang mau jadi model saya? 😀

Silahkan tengok karya-karya amatiran saya di http://instagram.com/dinsav7

Advertisements

One thought on “CLICK! JEPRET!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s