ALARM PENGINGAT

Tuhan mempunyai cara Nya sendiri untuk mengingatkan umat manusia. Pengingat itu bisa berupa macam-macam, entah penyakit, kesedihan dan masih banyak lagi, dan antara satu dengan yang lain akan berbeda-beda, mengapa? Hanya Dia yang Maha Tahu.

Saya kembali diingatkan oleh Tuhan dengan liputan bersama Tiara Savitri (Ketua dan Pendiri Yayasan Lupus Indonesia) dan Veena Devi Mutiram (penyanyi, musisi). Kedua wanita ini adalah Odapus, orang dengan Lupus. Tiara sudah 27 tahun menjadi odapus, sementara Veena 12 tahun. Namun, jangan bayangkan mereka lemah tak berdaya… Salah!!! Mereka berdua sungguh luar biasa. Baik semangat hidupnya, bagaimana menatap kehidupan dan bagaimana menjalani hidup ini.

Tiara, Veena, dan Una. Ketiganya mempunyai semangat luar biasa.

Tiara, Veena, dan Una. Ketiganya mempunyai semangat luar biasa.

Seolah mendapat ‘tamparan’ dari Tuhan bahwa saya harus menyongsong kehidupan ini dengan semangat, pantang menyerah dan tak mudah berputus asa. Ada saja cara Tuhan untuk menyemangati saya. Di saat saya merasa useless, tak berguna atau mendapat cobaan sana sini, Tuhan hadir melalui dua sosok wanita hebat ini. Hampir seminggu bersama mereka membuat saya sadar dan harus terus bangkit di kala badai menerpa…ibarat kapal yang diterjang hujan, badai, angin dan ombak, dan tetap tegak berdiri, saya juga harus bisa melewati apapun kesulitan, cobaan yang saya hadapi, dan menjadi ‘pemenang’.

Tiara Savitri. Nama kami sama-sama Savitri, semoga saya mempunyai semangat pantang menyerah seperti beliau.

Tiara Savitri. Nama kami sama-sama Savitri, semoga saya mempunyai semangat pantang menyerah seperti beliau.

Kedua wanita yang berjuang melawan lupus ini saja bisa menghadapi hari-hari nya dengan penuh semangat, dan bahkan menjadi terang bagi orang lain, alias berguna bagi sesama, kenapa saya tidak? Kenapa saya yang diberi kesehatan malah kerap hampir berputus asa? Malu jadinya saya dengan kedua ‘kakak’ saya ini, tidak boleh saya seperti ini. Saya harus terus bangkit, di kala ‘jatuh’ dan berdiri tegak dengan kedua kaki saya. Saya juga sadar, sebagai manusia biasa saya pasti bisa down, tapi itu bukan alasan untuk makin menterpurukkan diri. Ah, mba Tiara dan mba Veena, makasih banyak ya pengalamannya dan khususnya inspirasinya.

Veena Devi Mutiram : cinta bisa memberi kekuatan.

Veena Devi Mutiram : cinta bisa memberi kekuatan.

Tapi, teman saya, Stella juga kerap mengingatkan saya, bahwa saya dan Alicia (anak saya yang berkebutuhan khusus) juga menjadi inspirasi bagi yang lain. Bahwa apa yang saya alami dengan Cc (panggilan Alicia), apa yang kami perjuangkan bersama bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. Padahal saya dan Cc sama-sama berjuang dan hanya bisa berbagi pengalaman kami dalam menjalanani ‘proses’ kami ini.

Una, Stella, Veena, Tiara, Saya, dan Dida di lokasi syuting Cisarua, Jawa Barat.

Una, Stella, Veena, Tiara, Saya, dan Dida di lokasi syuting Cisarua, Jawa Barat.

Memang, berbagi pengalaman, bisa menjadikan inspirasi baik bagi diri sendiri juga orang lain. Apa yang bisa diambil hikmahnya dari sebuah perjalanan hidup seseorang, menjadikan pemicu semangat baru, semangat untuk berjuang menjalani hidup ini. Mungkin kadang kita merasa ‘hancur’, seolah tak ada yang menganggap kita, atau hal-hal lain, tapi, percayalah itu semua hanyalah alarm pengingat dari Yang Kuasa untuk kita, agar kita bangkit dan menjadikan semuanya indah, karena yakinlah, “Semua akan indah pada waktunya”. Entah kapan, asal kita yakin dan percaya, Tuhan tak akan tidur. Dia mendengarkan setiap doa dan tetesan air mata kita. Amin.

Daan…ada peristiwa yang membuat saya terharu, bahkan menitikkan air mata. Pengalaman ini saya dapat dari seorang Ibu yang baru ‘request friend’ ke saya beberapa waktu lalu. Saya tidak mengenal Ibu ini, hanya 1 mutual friend. Tapi ntah mengapa, saat itu saya terima pertemanan ini. Kira-kira seminggu lalu, tiba-tiba saya mendapat message dari Ibu ini, “Yth Dini, ibu muda yang tangguh. Saya kagum, krn tdk pernah alami spt Dini yg punya dilema wanita karir yang sering keluar kota kerja demi masa depan anak. Tetap semangat ya Dek, kiranya TUHAN senantiasa melindungimu kemanapun kakimu melangkah. Salam kenal, dari Ibu Suciati Riyanto”. Saya terkejut, dan langsung berdoa berterima kasih kepada Tuhan, ada seseorang yang baru menjadi teman di FB, belum kenal saya namun dia sudah mendoakan saya. Saya sangat terharu, semoga Tuhan juga senantiasa melimpahkan berkat dan rahmatNya untuk beliau.

Saya merasa dicintai, dan tidak seorang diri. Keluarga pastilah mendukung sepenuhnya, tapi saya makin dikuatkan dengan adanya perhatian dari orang lain, di luar sana yang bahkan mendoakan saya meski belum kenal. Tuhan benar-benar luar biasa. Saya harus bangkit, apapun kesulitan yang saya hadapi, meski diabaikan manusia, namun yakin bahwa Tuhan ada di samping saya dan Dia tak akan pernah mengabaikan saya.

Tulisan ini saya persembahkan khusus untuk Tiara Savitri, Veena Devi Mutiram, Stella Florensia, Una Nur Husna dan Ibu Suci Riyanto. Terima kasih untuk mengingatkan saya dan mendoakan saya, Tuhan memberkati kalian semua. Amin.IMG_3749

Ps : Cerita lengkap Tiara Savitri dan Veena Devi Mutiram bisa disaksikan di Acara SHE CAN! YOU CAN! Sabtu 5 April 2014 pukul 08.30 di TRANS 7. Nonton ya, dan bagaimana kalian akan makin tahu kenapa saya sangat terinspirasi dengan mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s