20 YEARS OF FRIENDSHIP AND STILL COUNTING

Topik soal sahabat, teman baik, atau bff (best friend forever) ini memang tak ada habisnya dibahas. Beberapa kali saya sempat menulis soal sahabat-sahabat saya. Tapi kali ini saya mau membagi kisa pengalaman saya bersahabat puluhan tahun, tepat nya 20 tahun dengan para perempuan hebat dimana saya beruntung bersahabat dengan mereka.

ket foto :  atas : waktu kuliah bawah : masa kini

ket foto :
atas : waktu kuliah
bawah : masa kini

Kami dipertemukan dalam satu waktu, satu kos, satu jurusan di universitas. Semua bermula di tahun 1994, dimana saya menjadi mahasiswi Teknik Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Sebagai anak Jakarta, saya pun mencari kos untuk tempat tinggal saya di masa kuliah. Kos di Jalan Bukit Indah I no 4 lah yang akhirnya menjadi pilihan saya kala itu. Bangunan kos yang baru, dan menampung 20 perempuan yang akhirnya menjadi teman kos saya. Disinilah saya mulai bersahabat khususnya dengan teman-teman yang satu jurusan. Ada 6 mahasiswi arsitektur yang tinggal disini, mereka adalah : Indira, Luna, Fefe, Dita, Rissa, dan saya sendiri. Berhubung padatnya kegiatan dan kuliah yang kami ikuti, membuat kami semakin dekat.

dari kiri ke kanan : saya, dita, indira, fefe

dari kiri ke kanan :
saya, dita, indira, fefe

Tak hanya melulu soal mata kuliah, namun juga menjadi teman bermain, dan paling penting ini, teman curhat. Banyak peristiwa yang kami alami bersama membuat kami makin dekat. Khususnya bagian curhat hahaha. Daaan…biasanya sih curhatan kami tak lain tak bukan dan tak jauh dari permasalahan percintaan…(saya nulis ini sambil senyam senyum mengingat masa lalu itu).

Bisa lho suatu waktu, saat kami lagi galau, putus cinta, berantem sama pacar, dan lain lain, kami berkumpul di salah satu kamar, seringnya sih kamar saya jadi base campnya, untuk saling menumpahkan perasaan sedih, kesal, bete. Yang biasanya berakhir dengan nyanyi bareng. Lho kok nyanyi? Iya, karena biasanya pas curhat berlangsung, tiba-tiba dari radio terdengar lagu melo atau lagu kenangan yang langsung bikin nangis darah, dan spontan kami tanpa sadar berbarengan menyanyi dengan penuh penghayatan, sambil nangis sih hahaha, tapi selesai lagu itu, kami bisa tertawa berbarengan, menertawakan diri kami masing-masing.

Namun jangan salah, antar kami sendiri bisa juga ‘berantem’ dalam arti kalau satu dengan yang lain gak setuju dengan tindakan yang kami lakukan. Biasanya sih bisa langsung ngomong, ngomel atau bahkan diem-dieman. Gak lama sih, abis itu juga baikan lagi. Tapi itulah sahabat. Dia bisa melihat kekurangan kita, dan mengutarakannya secara langsung, mengingatkan bila salah, dan meskipun kita kerap salah, namun mereka akan tetap menerima dan tak henti-hentinya memberi dukungan, meski sambil ngomel. Benernya itu lah sahabat. Bukan yang ngaku sahabat, trus menusuk dari belakang, apalagi gak mendukung. Itu mah dibuang ke laut aja ye.bimal2

Berhubung kegiatan dan berbagai perkembangan, kami mulai lost kontak. Ada yang lulus duluan, pindah kos, dan berbagai hal. Sampai akhirnya saya lulus dan tidak pernah bertemu lagi dengan mereka, mungkin sesekali, tapi tidak intens. Tuhan berkehendak lain, setelah 20 tahun berlalu, angkatan 94 kami mengadakan reuni, yang sebelumnya diawali dengan pembuatan grup di whatsapp. Sejak itu kami berenam kembali dipersatukan dan bahkan kami membuat grup sendiri, grup BI mall. Oh iya kenapa BI mall? Karena dulu teman-teman seangkatan menyebut kos kami itu BI mal. Kos yang terkenal sebagi tempat apapun, mengerjakan tugas, persinggahan, berbagai kegiatan baik ospek sampai dengan TM, apalagi kami berenam termasuk pentolan yang aktif di berbagai kegiatan. Jadi siapa sih yang gak kenal kami, ars 94 BI Mall? Hahaha…sombong dikit.

bima3Kami yang sebelumnya tercerai-berai, kembali bersatu, dan menurut saya, lebih solid dari sebelumnya, tapi bisa jadi efek udah uzur jadi ya lebih wise hahaha. Saya, Luna, Indira tinggal di Jakarta, Dita di Bandung, Fefe di Singapura, sementara Rissa di Belanda, jadi ya paling gak pernah ketemu cuma Rissa. Kami selalu mengusahakan kumpul kalau Fefe pulang ke Indonesia, Dita pun bela-belain ke Jakarta demi pertemuan kami. Kalaupun tidak bisa ketemu, kami akan saling kontak melalui media apapun, dan almost everyday! Yayyyy!!

 

bima8Kami tetap saling menguatkan, tetap saling mencela, namun yang jelas kami menjadi saudara, apapun kalau kami bisa akan diusahakan untuk saling membantu. Contohnya, saya, beberapa waktu lalu, saya sempat sakit dan lagi bete. Saya tau beberapa teman memang akan sulit kalau saya meminta bertemu, satu di Singapura, satu di Bandung, satu anaknya lagi sakit, dan yang terpikir di otak saya adalah Indir yang saya pikir bisa. Saya kontak dia, dan God, sahabat saya itu pun langsung memindahkan meeting-meetingnya untuk bisa menyusul saya, dan mendengarkan cerita saya. Saat itu, saya jadi ingat masa-masa kos dulu, seolah dejavu. Saya terharu, sahabat-sahabat saya ini akan selalu ada di saat saya membutuhkan mereka, begitu pula saya jamin, saya juga akan melakukan hal yang sama buat mereka. Sambil nyalon, nongkrong, atau apapun bisa kami lakukan untuk saling membagi kisah, baik yang senang maupun sedih. Ah saya beruntung, saya beruntung memiliki sahabat-sahabat baik, yang meski tidak bertemu setiap saat, namun selalu ada di saat saya membutuhkan mereka.

dari kiri ke kanan : luna, indira, saya, fefe

dari kiri ke kanan :
luna, indira, saya, fefe

Tengkyu Indira, Luna, Dita, Fefe, yang selalu ada, selalu membuat saya merasa kembali muda, dan segala ‘kegilaan’ yang kita lakukan, yang membuat kita makin yakin menapak, menjalani kehidupan bersama. Jadi berasa seperti di film persahabatan Carrie dkk di “Sex and The City”. Seperti yang Indira bilang, “Hidup ini adalah perjuangan” dan kami berjuang dalam hidup ini, bersama-sama, dengan saling mendukung dan saling mengingatkan. We’re so blessed! Amen!bima6

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s