86.400 DETIK SETIAP HARI

IMG_1725

Pernahkah anda merasa kesal, marah bahkan terkadang kehilangan kesabaran menghadapi tingkah polah anak-anak yang kerap menguji kesabaran? Saya sih iya. Apalagi kalau pas palang merah, dan anak-anak berulah, waah rasanya gak karuan banget deh. Sabar..sabar..tapi susah.

Saya menyadari keterbatasan saya sebagai manusia dan seorang ibu, meski dituntut untuk sempurna, saya tau saya tidak sempurna, berusaha untuk itu pastilah, tapi tetap saja yang namanya kesabaran terkadang suka lepas sendiri, meski sudah dikandangin hehehe.

Tapi…mendengar, melihat berita di luar sana bagaimana seorang ibu kehilangan anaknya, bagaimana seorang ibu berjuang demi anaknya yang sakit, bagaimana sepasang suami istri yang berjuang untuk mendapatkan anak, yang hingga kini belum mendapatkannya, membuat saya malu. Malu kalau saya tidak bisa menahan emosi, atau kekesalan terhadap anak-anak saya. Bagaimana tidak? Tuhan maha baik nya luar biasa kepada saya, dianugerahi 2 anak yang sehat, ceria, cerdas, dan lain-lain, kurang apa coba? Lalu kenapa kalau anak saya sedang bertingkah, tantrum dan ‘nakal’? Toh semua itu masih dalam batas kewajaran dan bisa diselesaikan tanpa emosi.

Perlahan saya ubah perspektif saya memandang ini semua. Saya bersyukur atas semua anugerah Nya kepada saya, khususnya 2 anak-anak yang saya cintai ini. Mereka tantrum, ribut, berisik, ah itu berarti mereka sehat, ceria, belajar mengekspresikan diri mereka, meski mereka belum tahu kalau caranya yang salah, dan lain-lain. Menghadapainya? Ah, kalau penuh rasa syukur berarti tinggal diajak bicara baik-baik, ditegur dengan tegas bukan dengan amarah, dan dipeluk.

Intinya adalah bagaimana kita mengubah perspektif kita dengan keadaan. Sesulit-sulitnya, kalau penuh rasa syukur kepada Tuhan, yakin, cara pandang kita akan berbeda. Kita punya 86.400 detik setiap hari, dan seringkali kita menyepelekan hal-hal kecil yang seharusnya kita syukuri. Jadi, sudahkah saya dan anda bersyukur hari ini? Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s