MELAWAN DIRI SENDIRI

“Sebuah tulisan yang terinspirasi perjalanan Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad dalam meraih kemenangan di Olimpiade Rio 2016”

Tak ada yang lebih mendebarkan, menegangkan, sekaligus menakutkan bagi saya, selain menyaksikan pertandingan bulutangkis di televisi, tak juga film horor sekalipun! Permainan cepat dengan nilai yang bisa unggul ataupun tertinggal terjadi secepat kedipan mata di pertandingan bulutangkis, rasanya bikin jantung hendak copot saja, apalagi bila tim Indonesia sudah ketinggalan angka. Tapi, rasa penasaran, dan juga dukungan membuat saya harus menonton, meski hanya lewat layar kaca. Semua perasaan tadi yang bahkan membuat sakit perut pun akan sirna, tatkala tim Indonesia menang.

Itu pula yang terjadi Rabu, 17 Agustus 2016, bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke 71, saat pertandingan final Indonesia vs Malaysia di Olimpiade Rio 2016. Detik demi detik berlalu, perjuangan keras dari Butet dan Owi membuahkan hasil, dan mereka merebut emas di cabang bulutangkis ini dengan menang 2 set langsung atas lawan mereka. Sungguh, melihat bagaimana kekompakan mereka di lapangan, bagaimana tatapan tajam Butet-Owi saat berhadapan dengan lawan membuat saya merinding. Lebih-lebih lagi saat pengalungan medali dan berkumandangnya lagu Indonesia Raya di Olimpiade Rio 2016, membuat saya menangis saking terharu campur bangga. Benar-benar kado terindah di peringatan kemerdekaan RI tahun ini!

Kita melihat bagaimana aksi dan daya juang Butet-Owi di lapangan yang luar biasa, tapi ternyata jalan untuk sampai pada puncak medali emas ini tidak mudah. Seperti yang kita semua tahu, tahun 2015 kemarin adalah tahun yang mungkin bisa dibilang kelam bagi pasangan ini, mereka selalu gagal di turnamen besar, kebayang dong bagaimana perasaan mereka? Saya tidak tahu pasti seperti apa perasaan mereka, namun bila saya menempatkan diri di tempat mereka, jelas saya stres, sudah berusaha namun gagal juga. Komunikasi mereka di lapangan pun sempat menjadi salah satu hambatan dalam meraih prestasi di tahun 2015.

Namun, apakah mereka lantas berhenti begitu saja? Menyerah? TIDAK! Perlahan mereka bangkit dengan dukungan para pelatih yang membantu memberi semangat dan motivasi untuk bisa kembali bangkit dari keterpurukan. Yang paling sulit dalam situasi seperti ini adalah MELAWAN DIRI SENDIRI! Mengapa demikian? Karena hanya DIRI SENDIRI lah yang bisa mendorong untuk bangkit, untuk maju dan melawan keterpurukan mereka. Melawan diri sendiri, melawan segala pikiran yang ada di dalam diri sendiri yang pastinya banyak, entah itu rasa kecewa, frustasi, rasa ingin menyerah, tidak sanggup, dan berbagai pikiran negatif kala jatuh. Itu yang paling susah. Apalagi menekan ego masing-masing, yang biasanya merasa paling bisa, paling benar. Manusiawi memang, tapi apakah kita akan menyerah dengan berbagai pikiran negatif itu? Tentu tidak, kalau menyerah berarti kita kalah, padahal kita belum mencobanya. Daaan, Butet-Owi membuktikannya, mereka bisa melawan diri sendiri, berdamai dengan segala pikiran yang berusaha untuk melumpuhkan mereka, hingga akhirnya mereka bisa bangkit, saling berkomunikasi dan menekan ego masing-masing, untuk akhirnya bahu membahu bangkit dari keterpurukan dan menjadi yang terbaik di cabang ganda campuran Olimpiade Rio 2016.

Dalam kehidupan kita sehari-hari pun, kita kerap dihadapkan pada situasi yang sulit, yang menguras tenaga, otak dan pikiran kita. Kita merasa ‘jatuh’, namun cara yang paling ampuh adalah memang, melawan diri sendiri, berdamai dengan diri sendiri hingga akhirnya kita bisa bangkit dari segala situasi yang ada. Terima kasih Butet-Owi, selain memberi hadiah luar biasa bagi bangsa ini, juga memberi inspirasi nyata untuk kita, bahwa kita bisa mengatasi segala keterpurukan dan kesulitan yang kita hadapi, dengan bangkit, berusaha dan berdamai dengan diri sendiri. Tuhan memberkati Butet-Owi dan kita semua. Amin!

Advertisements

2 thoughts on “MELAWAN DIRI SENDIRI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s