SAYA MENANGIS

Saya menangis, iya betul, saya menangis! Namun air mata yang keluar ini bukan air mata kesedihan, ini adalah air mata keharuan dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan.

Saya menangis…lagi…ya, maafkan kecengengan saya ini, tapi tak kuasa menahan gejolak rasa yang ada di hati saya. Rasanya benar-benar campur aduk.

Saya menangis, sekali lagi, saya menangis, melihat hasil raport anak saya yang berkebutuhan khusus, Alicia. Melihat nilai yang tertera di selembar kertas. Melihat bagaimana nilai UTS kemarin, dari 8 mata pelajaran, 5 mendapat 100, sisanya 90 sekian.

Hasil raport Alicia

Hasil raport Alicia

Kembali saya menangis, melihat UTS Matematika dengan nilai 100 yang terpampang disitu. Silahkan berpikir saya lebay, tapi nyatanya memang saya menangis, terharu melihat hasil yang diperoleh anak saya.

Teringat minggu-minggu lalu berkutat dengan soal-soal untuk mempersiapkan anak saya menghadapi UTS, khususnya Matematika. Memang, Matematika menjadi perhatian besar saya, karena bukan hafalan, namun logika, sementara pelajaran ini makin lama memang makin sulit, dengan segala angka, perkalian, pembagian, pengurangan, campuran ketiganya, dan masih banyak lagi. Orang tua mana yang tidak kuatir, apalagi dengan anak berkebutuhan khusus, dengan soal yang diterima anak saya sama dengan anak-anak reguler. Soal ulangan pun akan membolak balik angka, tidak ada yang sama dan tidak bisa dihafalkan.

Kekuatiran semakin dalam, tatkala Alicia mengerjakan latihan soal yang saya berikan, beberapa masih belum paham, sehingga saya ulang lagi, dengan memberi soal-soal baru, entah berapa soal yang saya buat untuknya.

Jangan salah, saya bukan orang yang ambisius. Porsi belajar anak-anak saya hanya sekitar 1.5 hingga 2 jam pada saat akan menghadapi ulangan. Sementara hari biasa, terserah saja mau belajar atau tidak. Selow kalau kata anak muda sekarang. Saya tidak mau merenggut masa bermain mereka, sehingga porsi bermain justru lebih banyak dibandingkan belajar, pun saat mereka hendak menghadapi ulangan. Sebagai catatan, anak pertama saya berkebutuhan khusus, sementara anak kedua saya reguler.

Hasil uts matematika

Hasil uts matematika

Kembali ke Matematika tadi, nyatanya, Alicia mendapat 100 dalam UTS nya. Saya memandangi kertas ulangan matematikanya, saya sampai terkagum-kagum, betapa Alicia bisa mengerjakan dengan sempurna, sampai soal yang saya pikir dia belum paham. Sungguh luar biasa kebesaran Tuhan terhadap anak saya.

Dari dulu saya berpikir bahwa saya bukan tipe orang yang bisa mengajar, atau menerangkan seperti guru, makanya saya tidak pernah bercita-cita menjadi guru, karena susah bagi saya. Mengajar anak biasa saja susah, apalagi yang berkebutuhan khusus. Hormat dan salut saya bagi para guru. Terberkatilah mereka selalu.

Takdir berkata lain, saya musti menghadapi 2 anak yang berbeda, abk dan reguler. Saya harus mengajari dan mendidik mereka berdua, benar-benar tugas dan tanggung jawab yang sangat berat. Tapi memang luar biasa kuasa Tuhan, Dia memudahkan semuanya, meski terkadang terasa berat, namun, tak henti-hentinya Dia memberi jalan.

Bianca dan Alicia

Bianca dan Alicia

Saya menangis lagi, abk saya ini benar-benar luar biasa, peringkat 1 terus dari kelas 1, dengan soal ulangan yang sama dengan anak-anak reguler. Maaf, sekali lagi ini bukan pamer, tapi saya hendak berbagi, berbagi kepada mama-mama lain, yang mungkin butuh penguatan dalam mendidik anak-anak berkebutuhan khusus. Bahwa kita bisa, bisa, dan harus yakin dalam nama Tuhan, untuk mengantarkan anak-anak berkebutuhan khusus dan anak-anak reguler kita untuk menjadi anak yang mandiri, kuat dan berbudi luhur.

Jangan pernah sekalipun berpikir untuk menyerah! Perjuangan saya, kita, masih panjang, masih banyak yang harus kita lakukan demi anak-anak kita!

Tuhan memberkati kita semua. Amin!

Advertisements

5 thoughts on “SAYA MENANGIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s