DIBALIK KAKAK YANG BERBEDA, ADA ADIK HEBAT DI BELAKANGNYA

Tak sedikit yang bilang : “mamanya hebat”, “mamanya luar biasa”, “orang tuanya hebat” dan masih banyak lagi ungkapan dari orang lain soal saya dan keluarga yang kebetulan mempunyai anak yang ‘berbeda’ atau berkebutuhan khusus.

Dibalik itu semua, bukan hanya ada mama yang hebat, papa yang hebat, atau orang tua yang hebat, tapi yang tak kalah pentingnya ada adik yang hebat.


Adik yang hebat ini adalah anak berusia 8 tahun. Di usianya yang masih sangat belia, dia harus ‘menghadapi’ kakaknya yang berbeda. Menghadapi tantrumnya sang kakak, menghadapi isengnya sang kakak, yang berbeda dari anak-anak biasanya. Namun, adik kecil ini, berusaha untuk sabar, meladeni kakaknya dan bahkan akhirnya mengajak kakak untuk bersosialisasi.

Bernyanyi bersama, bercanda bersama, bahkan akhirnya bisa ‘berantem’ bersama. Manusiawi sangat, mengingat usia mereka yang masih anak-anak.

Sang adik pun tak jarang mengeluhkan sikap sang kakak. Saya pun berusaha memberi pengertian kepada adik bahwa kakak memang berbeda, dan tugas kita lah untuk membuat kakak belajar menyesuaikan diri, mengontrol tantrumnya dan akhirnya bisa bersosialisasi layaknya anak-anak pada umumnya.

Tak mudah memang, kelakuan kakak yang kerap ‘annoying’ membuat sang adik kewalahan, tapi, si kecil satu ini selalu berusaha dan sabar menghadapi kakaknya. Meski kadang juga akhirnya berantem, namanya juga manusia kadang kesabaran memang ada batasnya.

Saya salut dan trenyuh dengan kedewasaan anak usia 8 tahun ini, yang berusaha sabar, dan ‘membimbing’ kakaknya dengan caranya.

Saya bersyukur ada adik kecil ini, yang pelan-pelan bisa membimbing kakaknya untuk bisa bersosialisasi, bercakap-cakap, dan akhirnya nanti sang kakak bisa seperti anak-anak pada umumnya.

Jadi, dibalik ini semua, ada peran adik hebat di dalamnya. Terima kasih adik hebat Bianca Angela Brahma. Mari kita sama-sama berjuang agar kakak menjadi lebih baik lagi!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s